Minggu, 29 Januari 2012

Festival Teater SMA/MA/SMK se- Banten 2012

Festival Teater Tingkat SMA/MA/SMK se-Banten

 



Teater Kafe Ide Untirta menyelenggarakan :
Festival Teater Tingkat SMA/MA/SMK se-Banten


dengan tema :
"Menggali Tradisi Banten: Sebuah Alternatif Bagi Penciptaan Teater Modern"

naskah berhubungan dengan tema..
yang akan diselenggarakan pada :
26-29 April 2012
yang bertempat di :
Auditorium Untirta gedung B lantai 3

pendaftaran Rp. 250.000
peserta terbatas, hanya untuk 20 sekolah. ayo segera daftarkan sekolah masing-masing
informasi dan pendaftaran silahkan hubungi :
087773737012 (achoe)
teaterkafeide98@yahoo.com




LATAR BELAKANG
Seringkali bakat dan kreativitas yang dimiliki oleh seseorang tidak disadari oleh dirinya sendiri. Di usia remaja, seseorang biasanya lebih sulit untuk mengembangkan bakat dan kreativitas tersebut. Masa remaja sebenarnya merupakan masa yang unik. Masa ini merupakan masa transisi. Suatu masa dimana manusia mengalami banyak perubahan, baik dari segi fisik maupun psikologis. Pada masa ini, remaja sangat rentan terhadap berbagai perubahan dan perkembangan, apalagi di era globalisasi seperti saat ini.
Untuk menghindari terjadinya hal-hal yang negatif, perlu suatu pembelajaran yang bersifat positif. Pembelajaran drama dapat memberikan dampak yang positif pada siswa remaja. Karena melalui pembelajaran drama siswa dapat menemukan tempat sebagai wadah dalam menyalurkan ekspresinya. Selain itu, siswa dapat mengetahui nilai-nilai sosial yang berlaku di masyarakat dan dapat memulai tahap pembentukan pribadi yang kreatif dan inovatif. Pengembangan kreativitas siswa ini perlu ditunjang dengan suasana yang kondusif agar siswa dapat mengembangkan kegiatan apresiatif terhadap drama dan lebih memahami nilai-nilai moral bangsa Indonesia.
Menyadari hal itu, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Teater Kafe Ide Untirta mengadakan satu kegiatan untuk mewadahi apresiasi seni teater para pelajar khususnya bagi pelajar SMA/MA/SMK se-Banten 2012, yang merupakan kegiatan rutin setiap tahun. Dengan diadakannya kegiatan ini, semoga para pelajar tingkat SMA/MA/SMK se-Banten dapat menyalurkan bakat dan kreativitas serta menjalin hubungan baik antar sekolah khususnya di Banten.

TEMA
Adapun tema yang diambil untuk kegiatan ini adalah ”Menggali Tradisi Banten: sebuah alternatif bagi penciptaan teater modern”.

NAMA KEGIATAN
Maka kegiatan ini dinamakan ” Festival Teater SMA/MA/SMK Ke-VII Se-Banten 2012”.

WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
Kegiatan ini akan dilaksanakan pada
Hari            : Kamis-minggu
tanggal         : 26-29 April 2012
waktu            : 08.00-selesai WIB
tempat    : Auditorium Universitas Sultan Ageng Tirtayasa gedung B, Lt 3.   
NB            : Pihak panitia akan mengadakan penambahan atau pengurangan hari
  kegiatan jika waktu pelaksanaan yang ditentukan panitia tidak
  memungkinkan (lebih atau kurang), berdasarkan jumlah peserta.
 

Naskah sesuai tema bisa katakan berhubungan dengan tema. Jika melihat tema, yaitu menggali tradisi banten sebuah alternatif bagi penciptaan teater modern. saya sangat berharap sekali, tema ini bisa menjadi batu loncatan untuk berkarya, khususnya karya yang berhubungan dengan Banten. Karena sangat ironis sekali dengan kurangnya seniman-seniman yang menuliskan naskah drama tentang Banten.
Satu hal yang saya pahami mengenai tema, tema hanya sebuah bingkai. Yang artinya dalam hal ini kita mengajak peserta untuk mementaskan pementasan drama menjadi sebuah pementasan simbolik yang modern dan bisa memahami sosial kebudayaan Banten baik dari bahasa yang memiliki metafor kebantenan maupun lokalitas Banten lainnya.

Dan menurut saya, hal ini juga bisa menjadi suatu paksaan yang positif untuk berkarya. Belakangan ini, saya sering menyaksikan pertunjukan teater di banten, dan menurut saya sangat bagus sebagai sumber apresiasi bagi masyarakat yang berkecimpung di bidang kesenian khususnya di bidang teater.


buat calon peserta festival, jangan hanya masalah tema kalian tidak mengikuti..
saya yakin kalian bisa berkarya..

"takan ada suatu yang baru, jika hanya diam"

1 komentar: